14 Obat Alami Atasi Kesemutan

Kesemutan mungkin sepintas seperti kondisi kesehatan yang terlalu kecil dan kerap diremehkan karena hanya sebentar saja kemudian sembuh. Namun ketika kesemutan terlalu sering dan lama sembuhnya, ini menjadi masalah lain yang cukup serius. Terkadang kesemutan bisa menjadi pertanda adanya kondisi penyakit serius pada tubuh Anda sehingga memang Anda perlu memerhatikan betul kondisi tubuh dengan baik.

Kesemutan

Kesemutan dapat terjadi di banyak area tubuh, seperti di bagian kaki, tangan atau di anggota tubuh lainnya. Mungkin Anda mengharapkan obat kesemutan yang bisa secara ampuh menyembuhkan kondisi ini. Bila Anda sedang mencari obat yang alami dan efektif, Anda dapat mencoba beberapa rekomendasi obat di bawah ini.

1. Kayu Manis
Nutrisi dan senyawa-senyawa baik ada terkandung di dalam kayu manis, seperti kalium dan mangan serta vitamin B kompleks yang sangat penting. Nutrisi itulah yang akan membuat aliran darah meningkat dan lebih lancar ke kaki maupun lengan. Kesemutan serta mati rasa akhirnya akan terobati dengan baik.

    Caranya: Sediakan bubuk kayu manis sebanyak 2-4 gram atau sekitar sesendok teh untuk dicampurkan ke air hangat sebanyak 1 gelas. Meminumnya sekali sehari adalah akan membuat kesemutan cepat sembuh dan mereda dengan baik. Atau, Anda boleh mencoba mencampurkan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis dan meminumnya langsung setiap pagi secara rutin sampai kesemutan mereda.

2. Ginkgo Biloba
Tanaman bernutrisi tinggi ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, tak terkecuali untuk meredakan mati rasa dan menghilangkan kesemutan. Ginkgo biloba adalah tanaman yang bisa Anda ramu untuk memperlancar peredaran darah. Hanya saja, Anda perlu tahu takaran yang tepat yaitu dosis sebanyak 40 mg dengan aturan konsumsi sehari 3 kali. Namun akan jauh lebih baik bila Anda dapat mengonsultasikan dengan dokter sebelum ginkgo biloba ini Anda konsumsi, apalagi kalau Anda ada penyakit tertentu dan mengonsumsi obat-obatan tertentu juga.

3. Kamomil
Seperti yang kita tahu, kamomil ini kerap dijadikan teh untuk menenangkan diri ketika stres melanda. Tapi rupanya, teh kamomil tak hanya bisa Anda nikmati sebagai pereda stres atau ketika tekanan mental terjadi pada Anda. Kamomil kering bisa Anda seduh untuk dijadikan teh herbal yang bisa meredakan kesemutan, baik itu yang terjadi di bagian tangan, kaki atau lainnya.

Anda bisa menyeduh dan mengonsumsi teh kamomil, tapi juga dapat mengaplikasikan krim yang terbuat dari bunga kamomil dan dapat dioles ke area yang terkena kesemutan. Selain dapat mengobati, kamomil juga mampu mencegah kesemutan untuk datang kembali. Bahkan kamomil ini sangat bagus untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan sariawan.

4. Sage
Tak banyak mungkin yang tahu bahwa sage merupakan tanaman yang juga terpercaya dalam mengobati kesemutan. Menjadi tanaman yang cukup handal menjadi salah satu cara mengobati sariawan secara alami, sage pun ternyata sangat ampuh dalam menyembuhkan masalah kesemutan. Jangan anggap enteng kesemutan yang bahkan sulit untuk sembuh karena bisa jadi Anda justru membiarkan suatu penyakit berkembang di dalam tubuh.

Dalam diet Anda, jadikanlah sage sebagai salah satu menu harian karena meningkatkan asupannya akan sangat baik untuk menyehatkan tubuh Anda. Bahkan dengan cara ini, Anda akan terjauh dari kesemutan karena tujuan utama dalam konsumsi sage ini adalah untuk memperlancar peredaran darah.

5. Minyak Lavender
Minyak lavender memang sudah terkenal baik ketika dijadikan sebagai perawatan kulit bermasalah. Selain menjadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk atau cara mengobati kurap secara alami, hingga memudarkan bekas luka, minyak lavender bisa mengobati kesemutan. Walau kesemutan dirasakan dari dalam dan ini diakibatkan oleh tidak lancarnya sirkulasi darah, Anda tetap bisa mengandalkan minyak ini.

    Caranya: Ambil beberapa tetes minyak lavender untuk Anda oles ke area tubuh yang merasakan kesemutan hebat. Pijat-pijatlah selama beberapa saat, yaitu sekitar 15-20 menit. Melakukan pengobatan ini sehari 2 kali akan menyembuhkan kesemutan secara lebih efektif. Lebih dari itu, aroma lavender yang harum akan tertinggal di kulit Anda sehingga menjadikanna berbau segar.

6. Minyak Rosemary
Selain dari minyak lavender, masih ada juga minyak rosemary yang bisa Anda andalkan dalam mengobati masalah kesemutan. Memang minyak rosemary ini cukup banyak digunakan sebagai cara mengatasi ketiak basah, tapi bukan hanya itu manfaatnya. Sama seperti minyak lavender, minyak ini pun dapat dijadikan obat oles.

    Caranya: Ambil beberapa tetes minyak rosemary yang kemudian bisa Anda aplikasikan ke area yang sedang atau kerap mengalami kesemutan. Anda bisa mengombinasikan atau mencampurkan minyak rosemary dengan jenis minyak herbal lainnya sebelum menggunakan. Atau, Anda bisa juga menyeduh teh rosemary dan meminumnya setiap hari untuk mengobati kesemutan dari dalam.

7. Minyak Zaitun
Tampaknya sudah tak diragukan lagi kalau minyak zaitun ini punya segudang manfaat bagi kesehatan. Para penderita penyakit kronis pun kerap memilih minyak ini sebagai pengganti minyak goreng biasa sebagai bahan memasak. Sama dengan jenis minyak lainnya, minyak zaitun sebagai obat oles akan memberikan efek ampuh.

    Caranya: Ambil beberapa tetes minyak zaitun yang kemudian dapat Anda oles atau terapkan langsung ke bagian tubuh yang kesemutan. Jangan lupa berikan pijatan ringan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibiarkan meresap dan dibilas. Melakukannya sehari 2 kali akan memaksimalkan hasilnya di mana kesemutan akan memudar secara berangsur.

8. Kedelai
Kacang kedelai cukup sering diandalkan untuk meningkatkan kekuatan otot dan tulang, jadi apakah juga efektif untuk mengatasi masalah kesemutan? Tentu saja bisa, apalagi kalau mengonsumsi kedelai setiap hari demi hasil kesembuhan maksimal seperti yang diharapkan. Anda dapat meminum susu kedelai atau bisa juga mengonsumsinya secara langsung.

Hanya saja, memang ada beberapa orang penderita kesemutan yang tidak disarankan untuk langsung mengonsumsi kedelai. Khusus bagi para penderita penyakit ginjal serta diabetes atau kencing manis, sebelum mengambil kacang kedelai, Anda harus mengonsultasikannya ke dokter lebih dulu supaya lebih aman dan tidak berefek buruk pada kondisi kesehatan yang tengah Anda derita tersebut.

9. Alpukat
Anda pasti sudah tahu bahwa alpukat adalah salah satu jenis buah yang kaya akan magnesium. Seringkali dijadikan sebagai bahan minuman jus yang dicampur dengan coklat, memang alpukat dianggap menjadi bahan makanan menggemukkan. Hanya saja, perlu diketahui pula bahwa mineral esensialnya pun dapat meningkatkan aliran dari di dalam tubuh secara alami.

Karena khasiatnya itulah alpukat dapat dipercaya sebagai buah yang mampu menghilangkan kesemutan dan mencegahnya untuk mudah datang kembali. Mengonsumsinya secara langsung alias memakannya adalah yang paling baik, tapi para pasien diabetes dan juga penyakit ginjal dianjurkan untuk berkonsultasi tentang konsumsi alpukat dengan dokter lebih dulu. Hal tersebut demi mencegah segala hal yang tak diinginkan.

10. Minyak Kelapa
Masih ada lagi rupanya jenis minyak yang hebat dalam menyembuhkan kesemutan, entah itu kesemutan di bagian tangan atau kaki. Ingat bahwa minyak kelapa juga sangat kaya akan kandungan nutrisinya di mana biasanya bisa diandalkan untuk memperkuat otot. Selain bagus untuk kesehatan kulit dan rambut, minyak ini banyak kegunaannya termasuk juga bagi kesehatan tubuh.

    Caranya: Sama seperti pemakaian minyak lainnya, ambil beberapa tetes saja, secukupnya. Oles langsung ke area tubuh yang terkena kesemutan dan pijat-pijatlah selama 5-10 menit. Tinggalkan selama 20 menit sebelum akhirnya bisa Anda basuh menggunakan air biasa. Hangatkan lebih dulu saja sebelum digunakan dan lakukanlah perawatan ini sehari 3 kali secara rutin.

11. Indian Gooseberry
Nama lain dari Indian gooseberry ini adalah buah amla atau bisa juga disebut dengan Malaka. Buah bernutrisi ini biasanya cukup sering dijadikan obat penyubur rambut alami di mana memang khasiatnya dalam mencegah serta mengatasi kerontokan rambut sangat luar biasa. Namun, masalah kesemutan pun juga dapat ditangani secara super efektif oleh bahan ini.

    Caranya: Sediakan bubuk Indian gooseberry sesendok makan dan masukkan ke sebuah gelas yang sudah Anda isi dengan susu. Susu dicampur bubuk Indian gooseberry ini sangat baik dikonsumsi setiap hari setiap pagi. Atau, campurkan saja dengan air putih biasa dan minumlah secara rutin.

12. Minyak Mustard
Rupanya ada yang tak boleh ketinggalan selain jenis-jenis minyak yang sudah disebutkan sebelumnya. Ada minyak mustard yang bisa Anda coba pakai untuk mengatasi masalah kesemutan yang mengganggu. Pada umumnya, minyak mustard ini digunakan sebagai penyembuh kesemutan di bagian tangan.

    Caranya: Pada dasarnya cara penggunaan minyak mustard hampir sama dengan jenis minyak lainnya di mana Anda dapat mengambil beberapa tetes saja. Lalu, usap ke area yang kesemutan sambil memberikan pijatan ringan. Lakukan pemijatan selama 10 menit dan setelah itu biarkan minyak meresap sempurna selama 20 menit. Sehari 3 kali adalah pengobatan yang lebih dianjurkan.

13. Kunyit
Rempah ini memiliki kegunaan yang begitu banyak, bahkan kunyit ini bisa dijadikan sebagai obat herbal nyeri sendi yang ampuh. Masalah cacar air, bisul, asam lambung hingga jantung lemah pun dapat ditangani oleh rempah serbaguna ini. Masalah kesehatan yang kelihatannya sederhana seperti kesemutan pun rupanya dapat diatasi dengan kunyit.

    Caranya: Masukkan sesendok makan kunyit (bubuk kunyit juga boleh) dan juga madu dengan takaran yang sama ke segelas susu, lalu minumlah setiap hari. Atau, kombinasikan kunyit bersama dengan air untuk membuat adonan pasta. Pasta inilah yang dapat Anda aplikasikan ke bagian tubuh yang kesemutan sambil dipijat-pijat. Kandungan kurkumin di dalam kunyitlah yang akan meningkatkan sirkulasi darah.

14. Garam
Tak banyak yang tahu mungkin bahwa garam dapat sebermanfaat ini untuk mengobati masalah kesemutan. Garam yang dianggap berbahaya bagi penderita darah tinggi ini ternyata sangat bisa diandalkan sebagai obat luar bagi penderita kesemutan. Penggunaannya pun terbilang sederhana dan tak memerlukan waktu lama.

    Caranya: Sediakan air hangat secukupnya, tambahkan dengan sesendok makan garam, terutama garam Epsom. Campuran air garam hangat ini bukan untuk diminum seperti obat radang tenggorokan biasanya, melainkan untuk merendam kaki atau tangan Anda yang kesemutan. Merendamnya selama 10 menit saja sudah sangat cukup; asalkan melakukannya rutin setiap hari, dijamin ini akan efektif mengobati kesemutan Anda.

Peringatan bagi penderita penyakit ginjal dan diabetes, sebaiknya tidak menggunakan pengobatan dengan memakai garam ini.

0 Response to "14 Obat Alami Atasi Kesemutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel